Advertisement

Cara Mudah Bertanam Cabe Hidroponik Dalam Botol

Banyak jenis tanaman yang dapat ditanam dengan cara hidroponik salah satunya adalah bertanam cabe hidroponik. Mengapa hidropoik ? seperti kita ketahui bahwa untuk masyarakat perkotaan ketersediaan lahan adalah salah satu faktor utama menyurutkan minat akan bercocok tanam. Sistem tanam hidroponik bisa memberi solusi akan keterbatasan lahan sehingga bisa menyalurkan bahkan menumbuhkan minat untuk bercocok tanam.

Cabe hidroponik merupakan cabe yang ditanam pada larutan nutrisi dan bukan di tanah. Semua jenis cabe dapat ditanam secara hidroponik seperti cabe rawit, cabe merah keriting atau paprika. Walapun cabe hidroponik ini ditanam pada media tanam bukan tanah akan tetapi akarnya tetap selalu mendapatkan nutrisi dengan baik.

Keuntungan Bertanam Cabe Hidroponik

Banyak keuntungan dari bertanam cabe secara hidroponik. Salah satu keuntungan dari menanam secara hidroponik adalah kita tidak lagi dipusingkan akan kebutuhan lahan yang luas. Ruang ruang sempit disekitar rumah sudah cukup untuk memulai menanam atau membudidayakan tanaman cabe.

bertanam cabe hidroponikSelain itu keuntungan dari bertanam cabe hidroponik ini adalah kita atau khususnya para petani bisa membudidayakan tanaman cabe pada lingkungan yang terkendali sehingga cabe yang ditanam tersebut akan memiliki resiko terkena penyakit lebih sedikit.

Logikanya tanaman yang sehat tentu akan menghasilkan lebih banyak. Oleh sebab itu cabe hidroponik bisa dengan mudah tumbuh subur dan cepat berkembang dengan menghasilkan buah cabe yang lebih besar, lebih bersih juga lebih banyak karena memiliki sedikit resiko penyakit.

Walaupun demikian menanam cabe hidroponik kadangkala dirasakan sebagian orang memerlukan penanganan yang lebih rumit daripada menanam cabe secara konvensional.

Tidak dipungkiri bahwa modal awal untuk bertanam cabe hidroponik atau menanam tanam hidroponik apapun jenisnya memerlukan investasi awal yang besar bila kita membandingkannya dengan cara menanam tanaman biasa.

Advertisement

Hal ini kadangkala akan menyurutkan orang untuk memulai menanam tanaman hidroponik karena dinilai lebih mahal apalagi jika kita sama sekali belum pernah megetahui sedikitpun mengenai sistem hidroponik sebelumnya.

Dengan sedikit biaya dan semangat kerja maka bertanam cabe hidroponik dapat kita lakukan sendiri dirumah. Bahan bahannya cukup mudah ditemukan disekitar kita. Kunci dari keberhasilan menanam hidroponik adalah kecukupan nutrisi yang diperoleh tanaman tersebut. Pastikan untuk selalu memeriksa kandungan air mencukupi untuk perkembangan tanaman.

Cara Bertanam Cabe Hidroponik Dalam Botol

Cara bertanam cabe hidroponik yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan cara menanam cabe hidroponik dalam botol. Cara menanam cabe hidroponik dalam botol ini salah satu cara memanfaatkan limbah botol bekas yang ada. Pemanfaatan limbah botol sebagai sarana menanam cabe hidroponik ini bila didesain dengan kreatifitas yang baik akan menghasilkan tampilan yang indah dan asri.

Botol bekas yang akan dipakai adalah botol air mineral yang mudah didapatkan dimana saja. Untuk memulai bertanam cabe hidroponik dengan botol maka kita perlu menyiapkan bahan-bahannya.

Siapkan botol minuman mineral ukuran ukura apa saja, gunting, sumbu kompor atau bisa diganti kain flannel ataupun bahan kaos, media tanam hidroponik bisa berupa rockwall/spon atau sekam bakar, plastic hitam dan bibit cabe yang akan ditanam.

Setelah bahan sudah siap kita bisa memulai bertanam cabe hidroponik dalam botol. Pertama tama potong botol bekas menjadi 2 bagian kemudian pada bagian tutup botol diberi lubang lalu masukkan sumbu atau kain ke dalam lubang tutup botol tersebut. Gunanya kain atau sumbu ini adalah nantinya untuk media jalannya air yang dibutuhkan oleh tanaman.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan bagian botol yang memiliki tutup pada potongan botol lainnya dengan posisi terbalik.

Masukkan rockwall atau sekam bakar atau media tanam ke dalam botol lalu masukkan air kedalam botol membasahi media tanam sampai air mengenang didasar botol. Pemberia air jangan terlalu penuh usahaka genangan air tidak sampai pada menyentuh tutup botol.

Setelah itu masukkan biji cabe ke dalam media tanam tersebut dan siram bibit tersebut dengan air sedikit. Langkah terakhir adalah memastikan bibit cabe yang sudah ditanam tidak terkena sinar matahari. Untuk itu kita gunakan plastic hitam untuk menutupi seluruh botol. Ini merupakan proses penyemaian cabe hidroponik.

Tunggu bibit sampai pecah atau berkecambah kira kira tiga hingga lima hari untuk diperkenalkan dengan cahaya jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah prose pemnyemaian ini maka dilanjutkan dengan proses pertumbuhan sehingga cabe hidroponik perlu diberi nutrisi hidroponik berupa larutan AB mix dengan dosis normal sayuran daun. Larutan AB mix bisa diperoleh ditoko toko tanaman dan juga tersedia AB mix khusus untuk tanaman cabe.

Dalam beberapa hari tanaman cabe hidroponik akan memiliki daun semu dan beberapa hari kemudian akan memiliki daun sejati. Langkah selanjutnya adalah memantau debit air dalam botol sehigga mencukup untuk pertumbuhan tanaman cabe hidroponik tersebut.

Cara Menyemai Biji Cabe untuk Hidropoik

Bibit cabe untuk tanaman cabe hidroponik bisa kita dapatkan dengan membeli bibit pada toko toko penyedia bibit tanaman atau melalui penjualan bibit online. Kita juga bisa menyiapkan bibit cabe dengan cara pilih cabe yang sudah matang kemudian ambil bijinya dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Setelah biji cabe kering simpanlah ditempat yang kering selama beberapa hari untuk proses penyemaian. Sebelum biji cabe disemaikan siapkan air hangat dan rendam biji cabe tersebut selama 10 menit dan ambil biji yang tenggelam saja untuk proses penyemaian dirockwoll dalam botol.

Bagi ibu rumah tangga tentu bertanam cabe hidroponik akan sangat membantu operasional dapur sehari-hari. Kita tahu bahwa rasa pedas cabe memang sudah melekat pada lidah orang Indonesia sehingga biasanya kita tidak bisa jauh dari sambal saat bersantap makanan. Nah dengan membudidayakan tanaman cabe sendiri akan meringankan biaya dapur apalagi saat harga cabe melambung tinggi.

Demikian cara bertanam cabe hidroponik cukup mudah bukan dan silahkan mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *