Advertisement

Cara Membuat Media Tanam Arang Batok Kelapa Berkualitas

Cara membuat Arang Batok kelapa – Untuk membuat media tanam menggunakan arang batok kelapa atau tempurung kelapa sebenarnya tidak terlalu sulit asal dilakukan dengan benar. Apa itu arang batok kelapa ? arang batok kelapa merupakan produk yang didapatkan dari sebuah pembakaran batok kelapa yang tidak sempurna. Bila digunakan sebagai bahan bakar arang ternyata lebih efisien dibandingkan dengan kayu bakar. Hal ini dikarenakan arang dapat menghasilkan panas lebih baik dengan sedikit asap.

Arang batok kelapa juga bisa dipakai dalam pembuatan briket dengan cara ditumbuk dan dibentuk dalam berbagai macam bentuk yang digunakan juga sebagai bahan bakar. Selain sebagai bahan bakar arang batok kelapa dapat dimanfaatkan menjadi arang aktif lewat pengolahan lebih.

Membuat batok kelapa menjadi arang akan meningkatkan nilai tambah dari batok kelapa itu sendiri. Apalagi kebutuhan akan arang aktif semakin tinggi saat ini. Arang aktif atau karbon aktif merupakan jenis karbon dengan luas permukaan yang besar yaitu 500 m2 per gram. Arang aktif atau karbon aktif dibuat dengan proses pengaktifan karbon secara kimia maupun secara fisik yang tujuannya meningkatkan kemampuan adsorpi karbon aktif.

arang batok kelapaSelama ini cara membuat arang batok kelapa sederhana dengan cara membakar batok kelapa dengan membuat lubang atau drum bekas sehingga hasilnya adalah arang batok kelapa berkualitas rendah. Setelah proses pembakaran selesai seringkali disiram dengan air untuk mematikan bara apinya hal ini mengakibatkan arang batok kelapa yang dihasilkan mengandung kadar air tinggi.

Cara membuat arang batok kelapa berkualitas yang benar adalah proses pembakaraya perlu dikontrol. Saat pembakaran batok kelapa dengan memakai drum maka suplai udara harus terkendali sehingga arang yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Memuat Arang Batok Kelapa

Bahan yang diperlukan untuk membuat arang dari batok kelapa adalah bat batok kelapa 300 kg, minyak tanah, tanah liat 1 ember. Sedangkan alat yang dipakai adalah drum, timbangan, karung plastik 10 lembar.
Untuk membuat tempat pembakaran batok kelapa dengan kapasitas 90-112 kg batok digunakan drum.

Drum yang dipakai bisa drum bekas berbahan plat yang biasanya digunakan untuk minyak atau oli dengan tinggi 90 cm dan memiliki diameter 60 cm. Untuk pembuangan asap dibuatkan lubang pada bagian atas berbentuk cerobong. Cerobong ini bisa dibuat dengan pipa seng dengan ukuran tinggi 30 cm dan diameter 10 cm.

Advertisement

aranag batok kelapa berkualitasPada bagian atas cerobong diberi penutup yang bisa dibuka dan ditutup. Untuk mengatur suplai udara maka di sekeliling dinding drum tempat pembakaran diberi lubang sebanyak 5 baris dengan diameter 13 cm yang bisa dibuka dan ditutup. Jarak antarbaris lubang udara adalah 18 cm dimana setiap baris dibuat 4 lubang dengan jarak masing masing lubang 45 cm,

Pada dasarnya cara membuat arang batok kelapa atau tempurung kelapa sama dengan cara mebuat arang umumnya. Untuk membuat arang batok kelapa berkualitas ada beberapa urutan kegiatan yang perlu diperhatikan terutama bagaimana suplai udara dapat terkendali dan cara memadamkan api.

Cara Membuat Arang batok Kelapa Berkualitas

Adapun urutan cara pembuatan arang batok kelapa teknik suplai udara terkendali adalah sebagai berikut:

-Masukkan 7.5 kg batok kelapa ke dalam drum pembakaran sampai memenuhi 1/4 bagian drum.

-Tutup rapat lubang pengendali udara pada drum kecuali lubang pada baris paling bawah yang dibiarkan terbuka.

-Pembakaran pada batok kelapa atau tempurung kelapa bisa memakai sabut kelapa yang diberi minyak tanah sebagai umpan.

-Tunggu sampai api menyala dengan sempurna kemudian secara perlahan masukkan kembali batok ke dalam drum agar api tidak padam sampai drum penuh (sekitar 32 kg). Kemudian pasang penutup drum dan biarkan cerobong asap pada bagian atas drum terbuka.

-Apabila asap yang keluar dari cerobong asap cukup banyak berarti proses pembakaran berjalan dengan baik.

-Untuk memantau pembakaran bisa dilihat dari lubang kendali udara bagian bawah atau lubang pada baris pertama yang terbuka. Jika batok telah menjadi bara maka pembakaran batok kelapa dibagian bawah sempurna.

-Langkah selanjutnya adalah tutup rapat lubang kendali udara pada baris I dan buka lubang pada baris II. Selanjutnya kita bisa buka tutup drum dan tambahkan kembali batok kelapa  ke dalam drum sampai penuh kembali kemudian drum ditutup kembali.

-Proses tersebut diulang sampai lubang kendali udara pada barisan paling atas (terdapat lima baris lubang).

-Kemudian perhatikan jika asap yang keluar lewat cerobong tidak lagi pekat, tetapi lebih bening/jernih, tutuplah dengan rapat semua lubang kendali udara termasuk juga lubang cerobong asap. Guna memastikan penutupan lubang benar benar rapat pakailah tanah liat untuk menambal semua lubang yang ada. Hal ini untuk menghasilkan kondisi hampa udara di dalam drum sehingga setelah 1.5 jam api dapat mati sendiri.

-Setelah suhu drum cukup dingin penutup drum bagian atas bisa dibuka. Lalu keluarkan arang batok agar menjadi dingin setelah itu bisa dikemas sesuai kebutuhan.

Dari cara membuat arang batok kelapa sederhana ini akan diperoleh Arang Batok Kelapa berkualitas baik. Teknik pembakaran dengan  sistem udara terkendali memanfaatkan drum akan menghasilkan  arang yang secara fisik lebih keras dan mengilap dengan kadar air 5% sehingga hasilnya bisa langsung menjadi bahan baku arang aktif.
Untuk satu siklus pembakaran waktu yang diperlukan rata-rata 7 jam sehingga dalam satu hari bisa dilakukan 3 kali proses pembakaran. Proses membuat arang berkualitas yang paling penting adalah proses pembakaran dan mematikan api.

Arang batok kelapa sangat cocok digunakan sebagai media tanam dimana arang memiliki keunikan karena sifatnya yang buffer (penyangga). Sehingga kalau ada kesalahan saat memberi unsur hara yang terdapat pada pupuk dapat segera dinetralisir dan diadaptasikan. Sifatnya yang keras dan tidak mudah lapuk akan menghindarkan tanaman dari jamur atau cendawan yang merugikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *