Advertisement

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Arang Sekam Bakar

Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Arang Sekam Bakar. Arang sekam diketahui menjadi media tanam hidroponik yang cukup baik. Kita akan dengan mudah menemukan arang sekam pada penjual tanaman hias atau penyedia media tanam. Walaupun harganya relative tidak mahal kita tentu bisa membuat sendiri arang sekam. Cukup mudah membuat arang sekam bakar yang baik dan berbiaya murah. Apalagi bila disekeliling kita banyak tersedia sekam padi maka akan sangat membantu mengurangi biaya dalam proses membuat tanaman hidroponik.

Apa itu arang sekam? Arang sekam merupakan sekam padi atau kulit padi yang dibakar dan selanjutnya menjadi arang. Kenapa bisa menjadi arang karena dalam proses pembakarannya tidak terjadi pembakaran yang sempurna. Sekam sendiri merupakan kulit dari bulir bulir padi berwujud lembaran bersisik dan kering.

Proses penggilingan padi mejadi beras siap konsumsi adalah proses pemisahan bulir padi dan sekamnya. Biasanya kita akan menemukan sekam atau kulit padi di lokasi lokasi penggilingan padi atau area persawahan saat panen padi tiba.

Dalam pembuatan arang sekam biasanya diperlukan lokasi yang terbuka. Hal ini disebabkan saat proses pembuatan arang sekam akan menimbulkan asap pembakaran. Bila Anda mau membuat arang sekam sendiri sebaiknya pilih lokasi terbuka seperti dihalaman rumah.

Apa itu arang sekam

Selain membeli kita juga bisa membuat arang sekam bakar sendiri dengan mudah dan murah. Bahan dan alat yang digunakan pun mudah ditemukan dan dibuat sendiri.

Alasan Mengapa Memakai Arang Sekam Bakar

Selain sebagai media tanam hidroponik, arang sekam juga sering dipakai untuk campuran pupuk. Diketahui bahwa kemampuan Sekam padi dalam menyerap dan menyimpan air cukup baik. Kita tahu bahwa hidroponik sangat tergantung pada nutrisi yang terkandung dalam air sebagai makanannya. Dengan memakai arang sekam sebagai media tanam hidroponik maka akan meningkatkan sistem aerasi (pertukaran udara) pada akar tanaman.

Advertisement

Arang sekam juga sudah tidak lagi mengandung mikroba pathogen yang merugikan tanaman dan juga banyak terkandung karbon sebagai unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Bukan hanya itu saja dalam Arang sekam juga terdapat kandungan mineral Si, Mg dan berbagai unsur mikro lainnya. Oleh sebab itu penggunaan media tanam sekam bakar cukup direkomendasikan dalam pembuatan tanaman hidroponik.

Ini cara membuat media tanam hidroponik arang sekam yang baik.

Untuk membuat arang sekam bakar kita yang kita perlukan adalah cerobong bakar untuk membakar sekam.
Bahan yang diperlukan untuk membuat cerobong bakar sendiri cukup mudah didapatkan. Kita bisa memakai seng atau kawat kasa yang dibuat seperti cerobongasap.

cara membuat media tanam hidroponik arang sekam

Cara membuat cerobong bakar adalah sebagai berikut siapkan lembaran seng dengan lebar kurang lebih 60 cm dan tinggi 50-100cm. Ketinggian dari cerobong bakar ini bisa disesuaikan dengan banyaknya sekam yang nantinya akan kita buat menjadi sekam bakar.

Setelah itu kita lubangi seng tersebut secara merata dengan menggunakan paku dengan jarak lubang antara 2-3 cm. Apabila bahan yang digunakan untuk membuat cerobong bakar adalah lembaran kawat kasa kita tidak perlu membuat lubang lubang ini.

Gulung seng menjadi berbentuk silinder dengan diameter kurang lebih 10 cm dan ikat menggunakan kawat. Nah sekarang kita sudah memiliki cerobong bakar yang siap digunakan untuk membuat sekam bakar sendiri.

Letakkan cerobong bakar dilokasi pembuatan sekam bakar dengan posisi berdiri atau vertical. Setelah itu siapkan sekam padi atau kulit padi yang akan kita bakar dan letakkan merapat disekeliling cerobong bakar. Sehingga posisi cerobong bakar tepat berada ditengah-tengan gundukan sekam.

Untuk media bakarnya kita bisa memakai kertas, daun kering atau sabut kelapa bahkan plastic sekalipun. Caranya bakar kertas dan masukkan ke dalam cerobong bakar. Langkah ini cukup sekali saja sampai timbul api yang cukup didalam cerobong bakar tersebut dan biarkan api mati denga sendirinya untuk membuat sekam terbakar. Biasanya akan timbul asap tebal saat sekam mulai terbakar.

arang bakar

Proses gundukan sekam menjadi arang sekam dimulai dari tumpukan sekam paling atas yang akan merembet terus ke bawah.

Setelah sekam berubah menjadi hitam seluruhnya segera sigkirkan cerobong bakar dan siram sekam yang sudah menghitam tersebut dengan air. Penyiraman ini fungsinya untuk mematikan bara api yang masih ada di dalam tumpukan sekam. Apablia kita biarkan bara pai terus menyala maka sekam akan menjadi abu dan proses pembuatan arang sekam akan gagal. Jadi pastikan bara api dalam tumpukan arang sekam sudah mati degan sempurna.

Proses pembuatan arang sekam bakar ini memerlukan waktu sekitar 2-3 jam untuk mengolah 1 karung sekam menjadi arang.

Arang sekam yang baik masih berbentuk seperti sekam hanya saja warnanya menjadi hitam. Dalam skala besar kita bisa mengkomersialkan arang sekam bakar buatan sendiri karena cukup diminati para pecinta tanaman terutama tanaman yang memerlukan media tanam arang sekam bakar.

Apabila kita hanya akan membuat arang sekam dalam jumlah sedikit saja maka pembuatannya bisa dengan cara menyangrai sekam tersebut. Menyangrai adalah menggoreng tanpa menggunakan minyak. Teknik ini cukup mudah hanya memelukan kompor dan wajan. Sangrai sekam sampai hitam seluruhnya dan kita sudah mendapatkan arang sekam yang baik. Demikianlah cara membuat media tanam hidroponik Arang Sekam Bakar yang baik. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *