Advertisement

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa cara membuat tanaman hidroponik sangat rumit. Anggapan ini menyebabkan tidak banyak orang yang mau terjun langsung membuat tanaman hidroponik. Mereka hanya sebatas menyukai namun tidak mampu melakukannya sendiri. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat jenis tanaman hidroponik memiliki penampilan yang sangat cantik.

Selain memanfaatkan buah dan sayurnya, Anda juga dapat sekaligus menikmati keindahannya. Dua manfaat ini hanya bisa Anda dapatkan dengan melakukan cara membuat tanaman hidroponik yang benar dan juga sangat mudah.

Langkah Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah

Persiapan membuat hidroponik
Salah satu kelebihan cara membuat tanaman hidroponik adalah tidak memerlukan lahan tanam yang luas. Anda dapat memanfaatkan luas lahan terbatas di rumah Anda untuk mulai menanam tanaman hidroponik. Untuk mewujudkan kebun hidroponik, Anda hanya perlu memastikan media tanam hidroponik yang ideal dan juga ketersediaan air yang cukup. Media tanam yang ideal dan ketersediaan air yang cukup akan menentukan seberapa maksimal media dan air tersebut menyimpan nutrisi yang diperlukan tanaman. Sehingga cara membuat tanaman hidroponik yang Anda lakukan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk memulai cara membuat tanaman hidroponik, kebutuhan nutrisi saja tidak cukup. Selain nutrisi yang harus disiapkan, Anda juga harus memastikan kebutuhan air terpenuhi dengan baik. Lebih dari itu, kebutuhan cahaya matahari juga harus Anda penuhi. Pastikan bahwa lahan yang Anda gunakan sebagai kebun hidroponik, memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup. Intensitas matahari yang cukup akan membantu tanaman yang menggunakan cara membuat tanaman hidroponik dapat tumbuh dan menghasilkan.

Wick system hydroponic
Terdapat beberapa teknik sebagai cara membuat tanaman hidroponik. Salah satu teknik hidroponik yang dianggap paling mudah adalah wick system hydroponic atau sistem hidroponik wick. Cara tanam hidroponik dengan sistem wick ini dianggap paling mudah dan sangat sesuai untuk mereka yang baru belajar mulai melakukan hidroponik. Sistem ini tidak memerlukan peralatan yang rumit karena cara membuat tanaman hidroponik dilakukan dengan mengalirkan nutrisi melalui sumbu. Cara ini sangat sederhana dan sesuai untuk dilakukan di rumah dalam skala kecil.

wick sistem hidroponikSebagai salah satu teknik cara membuat tanaman hidroponik yang cukup mudah, peralatan yang diperlukan juga sangat sederhana. Anda tidak memerlukan bahan yang sulit dicari dan tidak pula menggunakan teknologi yang rumit. Bahan yang Anda perlukan untuk mulai membuat hidroponik adalah botol plastik bekas air mineral, gelas bekas air mineral, jerigen plastik, kain, nutrisi dan media tanam. Bahan-bahan ini sangat mudah Anda temui di sekitar. Bahkan bahan yang Anda perlukan untuk cara membuat tanaman hidroponik, tidak perlu dibeli melainkan cukup memanfaatkan botol dan gelas bekas.

Nutrisi dan media
Sebelum melakukan cara membuat tanaman hidroponik, Anda harus terlebih dulu menyiapkan nutrisi yang diperlukan. Untuk membuat larutan nutrisi, Anda memerlukan Urea sebanyak 1000 gram, KCL juga sebanyak 1000 gram, pupuk NPK sebanyak 100 gram dan pupuk daun atau gandasil sebanyak 50 gram. Nantinya semua pupuk ini akan dilarutkan sebagai sumber nutrisi tanaman. Ketersediaan nutrisi ini akan menjamin pertumbuhan tanaman yang dilakukan dengan cara membuat tanaman hidroponik berlangsung maksimal.

Advertisement

Selain nutrisi, pilihan media sebagai cara membuat tanaman hidroponik juga tidak kalah penting. Media yang bisa digunakan untuk tanaman hidroponik adalah arang, sekam, spons, rock wool hingga pecahan batu bata. Media tanam dari batu kerikil pasir malang juga dapat digunakan untuk tanaman hidroponik ini. Anda hanya perlu mencari media tanam yang paling mudah dan cukup murah di dapatkan di sekitar Anda. Dengan demikian Anda tidak mengeluarkan banyak dana untuk mempraktekkan cara membuat tanaman hidroponik.

Persiapan peralatan
Peralatan yang digunakan untuk mengaplikasikan cara membuat tanaman hidroponik dengan sistem wick ini juga tidak rumit seperti bahan-bahan yang digunakan. Anda hanya perlu menyiapkan ember yang memiliki volume 20 liter dan juga drum plastik yang berukuran minimal 100 liter. Selain itu Anda juga memerlukan timbangan digital untuk mengukur kebutuhan pupuk. Anda juga perlu menyiapkan air sumur atau air yang didapatkan dari sungai untuk kebutuhan tanaman hidroponik. Hindari menggunakan air PDAM kecuali telah diendapkan selama 2 minggu.

Dibandingkan sistem hidroponik lainnya, cara membuat tanaman hidroponik sistem wick ini memang lebih mudah dan sangat sederhana. Sebagai seorang pemula, Anda tidak perlu melakukan teknik hidroponik yang rumit. Bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan. Selain teknik dan bahan yang tidak rumit, peralatan yang diperlukan juga tidak susah didapatkan. Anda bisa menyiapkan semua peralatan tanpa harus membelinya. Semua peralatan yang diperlukan sebagai cara membuat tanaman hidroponik sistem wick ini, dapat memanfaatkan semua peralatan yang Anda gunakan setiap hari.

Membuat larutan nutrisi
Keberadaan nutrisi bagi cara membuat tanaman hidroponik sangatlah penting. Untuk membuat nutrisi, Anda harus melarutkan semua pupuk yang diperlukan ke dalam air 20 liter. Aduk hingga urea, NPK, KCL dan juga pupuk daun gandasil tercampur rata. Jangan biarkan pupuk yang masih mengkristal. Usahakan adukan yang Anda lakukan membuat pupuk larut dalam air. Setelah semua pupuk larut, pindahkan larutan nutrisi sebagai cara membuat tanaman hidroponik ke dalam wadah dengan volume100 liter.

Larutan nutrisi sebagai cara membuat tanaman hidroponik sebanyak 20 liter tadi, encerkan dengan air sumur. Tambahkan air ke dalam wadah volume 100 liter yang di dalamnya terdapat larutan nutrisi pekat. Encerkan larutan pekat hingga volume mencapai 100 liter atau wadah penuh. Aduk kembali dan pastikan pupuk yang telah dicampurkan tadi larut. Setelah pupuk telah dipastikan larut, Anda dapat mendiamkannya sebentar. Setelah didiamkan sesaat, Anda dapat menggunakan larutan nutrisi encer sebagai cara membuat tanaman hidroponik untuk menyiram benih yang telah ditanam.

Membuat tanaman hidroponik sistem wick
Sebelum memulai cara membuat tanaman hidroponik, Anda harus melakukan sesuatu pada bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang telah Anda kumpulkan harus diolah sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai cara menanaman hidroponik. Berikut ini beberapa cara mengolah bahan yang telah Anda kumpulkan sehingga bisa digunakan sebagai cara membuat tanaman hidroponik. Contonya adalah cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas :
1. Botol bekas air mineral yang paling besar harus dipotong menjadi dua bagian. Berikan bagian atas atau leher botol lebih sedikit dibandingkan bagian badan botol.
2. Lubangi dengan ukuran yang tidak terlalu besar pada bagian atas botol yang telah dipotong. Berikan beberapa lubang pada bagian atas botol sehingga memungkinkan air keluar dan masuk dengan lancar. Lubang-lubang ini dimaksudkan sebagai saluran udara yang masuk dan keluar pada botol sehingga menjadi tempat yang ideal sebagai cara membuat tanaman hidroponik.
3. Pasangkan kain yang telah Anda siapkan pada lubang leher botol. Setelah kain dimasukkan, Anda akan mendapati bagian atas botol mirip dengan tempat sumbu pada kompor. Masukkan bagian atas botol dengan cara terbalik ke dalam botol.
4. Bagian leher botol dengan sumbu yang menjuntai akan berada di bawah. Sementara bagian atasnya masih berisi kain yang digunakan sebagai sumbu. Tambahkan media tanam yang Anda pilih sebagai cara membuat tanaman hidroponik di atas kain. Media tanam ini akan memastikan akar tanaman dapat bersandar dengan baik. Sehingga tanaman yang ditanam tidak mudah roboh.
5. Berikan 2-3 butir benih sayuran atau tanaman lainnya pada media tanam yang telah Anda siapkan. Sangat dianjurkan untuk memulai cara membuat tanaman hidroponik dengan benih tanaman yang mudah tumbuh seperti kangkung atau bayam. Sayuran-sayuran ini sangat mudah tumbuh terutama di lingkungan yang dingin dan air yang tercukupi seperti teknik menanam hidroponik ini.
6. Untuk melengkapi cara membuat tanaman hidroponik yang telah Anda lakukan, berikan larutan nutrisi hidroponik yang telah Anda buat dengan cara menyiramkannya ke media tanam. Nantinya larutan nutrisi ini akan turun meresap ke bawah melalui leher botol. Pemakaian nutrisi yang diperlukan benih untuk tumbuh juga akan dilewatkan sumbu ini.
7. Simpan benih sayuran yang telah Anda tanam dengan cara membuat tanaman hidroponik di tempat yang sejuk. Pastikan tempat penyimpanan ini cukup mendapatkan sinar matahari sehingga proses pertumbuhannya dapat berlangsung normal seperti tanaman yang ditanam di tanah.

Salah satu cara membuat tanaman hidroponik ini memang tidak biasa. Simpanan nutrisi dalam tanah disediakan langsung dengan sebuah larutan nutrisi yang cukup. Sehingga tidak ada alasan bagi benih untuk tidak tumbuh normal seperti saat ditanam dalam tanah. Karena itu selama pertumbuhan berlangsung, Anda harus rutin memeriksa kebun hidroponik Anda. Nutrisi yang terlambat diberikan akan membuat pertumbuhan tanaman terhambat. Sementara nutrisi yang tepat akan membuat tanaman yang ditanam dengan cara membuat tanaman hidroponik juga akan tumbuh dengan maksimal. Kita bisa mencoba cara tanaman hidroponik di rumah seperti membuat tanaman hidroponik cabe atau tanaman hidroponik kangkung. Mulailah belajar dengan cara membuat media tanam hidroponik sederhana terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *