Advertisement

Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique ( NFT) Sederhana

Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique ( NFT) Sederhana -Menanam tanaman hidroponik memang butuh kesabaran. Jadikan hidroponik sebagai hobi maka kegiatan menanam tanaman hidroponik akan semakin menyenangkan.

Ada beragam teknik dalam menanam tananam hidroponik. Setiap teknik tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Anda bisa memilih teknik menanam hidroponik yang menurut Anda cukup mudah dan paling mungkin bisa dilakukan untuk saat ini.

Teknik hidroponik memang memerlukan air sebagai media tanamnya sehingga pasokan air inilah yang menjadi kunci keberhasilan dari bertanam hidroponik.

Salah satu teknik cara menanam hidroponik adalah Nutrient Film Technique.

Nutrient Film Technique merupakan sebuah system pengairan untuk tanaman hidroponik yang sudah banyak digunakan oleh para petani tanaman hidroponik.

NFT ini merupakan system yang dikembangkan oleh Dr. A.J. Cooper, Inggris tahun 1960, lalu mulai berkembang pada tahun 1970-an secara umum.

Advertisement

Hidroponik Sistem Nutrient Film TechniqueKonsep Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique

NFT adalah sebuah metode budidaya tanaman dengan menggunakan akar tanaman pada lapisan nutrisi hidroponik yang tidak dalam dan tersirkulasi sehingga tanaman akan mendapatkan cukup air, nutrisi serta oksigen.

Dengan menggunakan system ini tanaman akan tumbuh pada lapisan polyethylene dengan akar yang terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasi secara terus menerus.

Kelebihan hidroponik Sistem Nutrient Film Technique

1.    Mempermudah pengendalian perakaran tanaman
2.    Kebutuhan air dapat tercukupi dengan baik
3.    Keseragaman nutrisi dan tingkat konsentrasi larutan nutrisi dapat disesuaikan dengan umur tanaman serta jenis tanaman.
4.    Meningkatkan produktivitas tanaman dengan high planting density.

Kelemahan hidroponik Sistem Nutrient Film Technique

Sistem NFT ini memiliki kelemahan yaitu, investasi serta biaya perawatan yang cukup mahal, sangat tergantung dengan sumber listrik serta penyakit yang terjangkit dapat menular dengan cepat ke tanaman lain.

Kebutuhan  Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique

Di dalam hidroponik sistem NFT yang harus terpenuhi adalah : Bed (talang), tangki penampung dan pompa. Bed NFT di beberapa Negara sudah diproduksi secara massal dan disediakan oleh beberapa perusahaan supplier greenhouse dan pertanian.

Indonesia sendiri belum diproduksi sehingga banyak petani Indonesia yang memanfaatkan  talang rumah tangga (lebar 13-17 cm dan panjang 4 meter).

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hidroponik system NFT  yaitu kemiringan talang (1-5%) untuk pengaliran larutan nutrisi, kecepatan aliran masuk tidak boleh terlalu cepat (dapat diatur oleh pembukaan kran berkisar 0.3-0.75 L/menit) serta  lebar talang harus memadai untuk menghindari terbendungnya larutan nutrisi dalam talang.

Nah itulah cara bertanam hidroponik dengan system nutrient film technique, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *