Advertisement

Keunggulan Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya

Beberapa Keunggulan tanaman hidroponik memang sudah terbukti cukup menguntungkan. Lalu apa saja keunggulan tanaman hidroponik tersebut ? simak uraian berikut ini.

Hidroponik adalah sebuah metode untuk bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam tanah seperti pada umumnya, namun dengan menggunakan media selain tanah seperti sabut kelapa, serat, pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu, dan media lainnya untuk menggantikan tanah.

Pada media pengganti tanah tersebut nantinya akan dialiri oleh larutan nutrisi hidroponik yang berisi unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Metode tanam hidroponik sangat cocok di era yang sangat padat dengan pembangunan, dimana semkin banyak lahan hijau tergerus.

Metode tanam hidroponik sangat mudah dan efisien, bahkan produktivitas tanamannya jauh lebih baik dengan metode tanam konvensional. Dan terbukti tanaman hidroponik itu lebih sehat serta sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Lalu apa saja manfaat dan keunggulannya? Simak yuk!

Keunggulan Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya

manfaat tanaman hidroponikBercocok tanam menggunakan metode hidropik sangatlah mudah dan simple, Anda tidak memerlukan lahan yang luas untuk memulai.

Advertisement

Bahkan bila sekedar belajar bagaimana menanam secara hidroponik Anda bisa memanfatkan botol plastik minuman bekas.

Bertanam tanaman hidroponik  dapat dijadikan hobi atau bisa digunakan skala besar yang bersifat komersil.

Tanaman hidroponik memiliki beberapa keunggulan seperti ramah lingkungan, hemat air, dan dapat mengurangi gas CO2.

Tanaman yang ditanam dengan metode Hidroponik tidak akan merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah sebagai media tanamnya dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas.

Selain itu tanaman dengan metode hidroponik lebih menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu menyiramkan air setiap hari.

Pertumbuhan tanaman hidroponik pun relative cepat dan cepat pula untuk dipanen.

Beberapa Contoh Tanaman Hidroponik yang menguntungkan

Tanaman hidroponik sangat unggul dikalangan pebisnis dan juga dikalangan masyarakat yang menjunjung tinggi pola hidup sehat terutama di daerah urban dan kota.

Masyarakat urban khususnya mulai memilih mengkonsumsi makanan atau sayuran yang terjamin baik mulai dari cara tanamnya hingga pengolahannya walaupun secara nominal memiliki harga lebih tinggi.

Beberapa tanaman yang biasanya menggunakan metode tanam hidroponik  adalah sayur-sayuran seperti bak choy, brokoli, sawi, kailan, bayam, kangkung, tomat, bawang, bahkan strowbery, dll.

Bagi para vegetarian makanan yang terbuat dari tanaman hidroponik pasti menjadi sasaran utama karena lebih sehat dibanding tanaman yang di tanam dengan metode konvensional. Namun tanaman hidroponik memang relative mahal harganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *