Advertisement

5 Peralatan Pokok Hidroponik Untuk Pemula

Pertanyaan yang sering muncul saat ingin menanam tanaman hidroponik adalah peralatan hidroponik untuk pemula itu apa saja yang diperlukan saat akan memulai menanam tanaman hidroponik? Pertanyaan ini kerapkali dilontarkan terutama bagi pemula yang ingin mencoba menanam tanaman hidroponik.

5 Peralatan Hidroponik Untuk Pemula

1. Media tanam

media tanam rockPeralatan dalam menama hidroponik salah satunya adalah media tanam. Dalam hidroponik ada bermacam-macam media tanam salah satunya adalah rock wool. Bentuknya berupa balok busa berwarna kekuning-kuningan yang dapat dipotong-potong sesuai kebutuhan. Rock wool sering digunakan oleh para pecinta hidroponik sebagai media tanam. Rockwool ini digunakan sebagai media penyemaian sampai dengan saat panen tiba.

2. Netpot

netpotPerlengkapan hidroponik selanjutnya adalah Netpot. Jadi benih dalam rockwool yang sudah siap pindah tanam akan dipindahkan kedalam netpot agar lebih mudah dalam perawatannya. Netpot ini fungsinya seperti pot biasa digunakan untuk meletakkan potongan rockwool. Bedanya dengan pot biasa terletak pada banyaknya lubang pada bagian samping dan bawah netpot yang berguna untuk pertumbuhan akar tanaman hidroponik.

3. Instalasi hidroponik

wix sistemUntuk menanam hidroponik diperlukan peralatan instalasi atau sistem tanamanya. Ada beragam macam intalasi hidroponik mulai dari yang sederhana hingga intalasi hidroponik yang paling rumit. Seperti sistem NFT, Deep Flow dan lainnya. Sistem yang paling sederhana adalah sistem Wix..

Advertisement

4. Benih Tanaman

benih hidroponikBenih merupakan salah satu hal penting dalam menamam hidroponik. Benih yang digunakan pada hidroponik adalah benih yang sama seperti yang digunakan pada cara menanam ditanah pada umumnya. Anda bisa mendapatkan benih tanam ini dimana saja ditoko penjual pbenih tanaman. Yang membedakan hanyalah cara menanamnya saja. Disini benih akan ditanam dengan cara hidroponik.

5. Nutrisi Hidroponik

ab mix nutrisiPeralatan hidroponik lainnya adalah pupuk hidroponik atau sering disebut sebagai nutrisi AB Mix. Nutrisi ini adalah kunci dari bercocok tanam secara hidroponik karena hidroponik tidak menggunakan tanah sama sekali maka air perlu diberi nutrisi. Kenapa disebut sebagai nutrisi AB mix karena dalam satu kemasan pupuk yang dijual didalamnya terdiri dari 2 jenis pupuk yang dikemas terpisah yaitu A dan B. Kedua pupuk tersebut nantinya akan dicampurkan dengan takaran yang sama. Nutrisi AB mix banyak tersedia ditoko toko tanaman dengan berbagai macam merk.

Demikianlah peralatan pokok untuk menunjang kegiatan menanam hidroponik Anda. Menanam hidroponik tidak begitu sulit asal ada ketekunan dan niat maka para pemula pun akan dengan mudah mengaplikasikan metode hidroponik dimana saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *