Advertisement

Media Tanam Perlite Untuk Budidaya Hidroponik

Perlite hortikultura mempunyai catatan kinerja yang panjang dan layak digunakan sebagai media propagasi dan media tanam di seluruh dunia. Pemakaian perlite sebagai media tanam telah berhasil digunakan di hampir semua aplikasi hortikultura termasuk tanaman rumah kaca, lansekap, rumput dan rumput stadion dan dalam berbagai aplikasi kontainer.

Dari waktu ke waktu perlite telah terbukti keunggulannya dalam memenuhi kebutuhan petani komersial dan juga petani rumahan. Demikian juga untuk kebutuhan budidaya hidroponik. Pengujian ekstensif selama bertahun-tahun di West of Scotland Agricultural College telah mendokumentasikan keunggulan perlite atas metode hidroponik. Misalnya, tanaman tomat yang tumbuh secara hidroponik di perlite menghasilkan hasil rata-rata 7% lebih tinggi daripada tanaman yang ditanam di rockwool. Selain meningkatkan hasil panen secara signifikan, budidaya memakai perlite sangat mudah dikelola dan menawarkan manfaat tambahan.

perliteKata “perlite” dalam arti yang harafiah ini mengacu pada jenis batuan vulkanik yang ditemukan di berbagai tempat di seluruh dunia, terutama Yunani, Amerika Serikat dan China. Saat dilumatkan dan dipanaskan dengan cepat, melebar sampai 20 kali ukuran aslinya. Selama proses ini juga melembutkan dan mengambil tekstur sarang lebah yang mungkin Anda kenal.

Media Tanam Perlite

Sebagai media tanam, perlite lebih unggul dari rockwool. Fitur yang menonjol dari perlite adalah kemudahan dimana pasokan air dan nutrisi konstan dapat dipertahankan di media hanya dengan menempatkan wadah tanaman di reservoir dangkal larutan nutrisi.

Daya tarik kapiler kuat Perlite untuk air secara otomatis menarik larutan dari sumbernya pada tingkat yang sama dengan tanaman yang menyedot air. Air yang diperkaya nutrisi terjebak dalam penyimpangan kecil pada permukaan partikel perlit yang tersedia untuk digunakan oleh akar tanaman.

Kelebihan solusi tetap berada di reservoir. Kemudahan di mana tingkat kelembaban optimal dapat dipertahankan di sekitar akar adalah kunci keberhasilan perlite dan ini adalah keuntungan yang signifikan dibandingkan rockwool, yang kurag memiliki kapilaritas.

Rockwool dekat dengan air tergenang pada kapasitas menahan air maksimumnya, bila dapat menahan sebanyak 85% volume air dan, karenanya, udara terlalu sedikit untuk pengembangan dan pertumbuhan akar yang optimal.

Advertisement

Pelite memiliki sifat bebas dari kekeringan berarti ia menahan kurang dari setengah jumlah air ini. Akar di perlite selalu mendapat udara dan juga air secara baik. Berbeda dengan perlit, kadar air rockwool berfluktuasi dari terlalu basah (setelah penyiraman) sampai terlalu kering (sesaat sebelum penyiraman).

Untuk meminimalkan fluktuasi seperti itu, petani yang menggunakan rockwool harus menggunakan teknik penyiraman “sedikit-dan-sering”. Larutan hara mungkin harus ditambahkan ke rockwool sesering mungkin 24 kali per hari.

Pupuk dan biaya air
Untuk menghindari kemungkinan pemborosan air saat pemakaian rockwool, rockwool harus diiris untuk mengalirkan larutan nutrisi berlebih. Pemborosan air dan pupuk yang terus-menerus ini dapat meningkatkan biaya menjadi lebih dari dua kali lipat daripada perlite culture dimana sistem reservoir dapat dengan mudah disesuaikan.

Perlite dapat digunakan kembali
Media tanam perlite secara fisik stabil dan, tidak seperti rockwool, akan mempertahankan keseimbangan udara / air yang sangat baik selama bertahun-tahun jika ditangani dengan hati-hati. Beberapa petani telah menggunakan perlit untuk tomat lebih dari satu musim tanam dan kemudian digunakan kembali untuk campuran pot dan pengkondisian tanah. Jika perlite digunakan kembali, sterilisasi mungkin diperlukan.

Dari uraian diatas maka dapat disimpulakan bahwa perlite hortikultura memberikan status kelembaban yang lebih konstan di sekitar akar sepanjang waktu terlepas dari cuaca atau tingkat pertumbuhan tanaman. Perlite memastikan lebih banyak penyiraman di seluruh area tanam. Ada kemungkinan lebih sedikit penyiraman dengan perlit hortikultura. Media tanam menggunakan perlite menghindari pemborosan air dan nutrisi. Penggunaan perlite menghilangkan kebutuhan untuk menilai tingkat pertumbuhan secara akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *