Advertisement

8 Ide Membuat Taman Vertikal Garden Yang Cantik

Salah satu ide membuat rumah tampak asri walau hanya memiliki lahan yang sempit adalah dengan Taman Vertikal Garden. Selain rumah tampak sejuk dan asri kegiatan membuat Taman Vertikal Garden ini bisa menjadi sumber penghasilan. Dalam membuat sistem taman vertikal biasanya struktur yang digunakan adalah menggunakan pipa pvc atau pralon yang disusun sedemikia rupa sehingga bisa digunakan untuk menanam tanaman.

Cara membuat taman vertikal yang perlu diperhatikan adalah luas lahan yang tersedia untuk menempatkan tanaman dan juga jenis dari tanaman yang akan ditanam. Pilihlah tanaman yang memiliki akar yang banyak dan cukup ringan. Membuat vertikal garden dengan sistem hidroponik juga bisa dilakukan. Inti dari menanam vertikal adalah tanaman disusun vetikal sehingga mengurangi luasan lahan.

Cara membuat vertical garden tidaklah sulit dan bisa kita lakukan sendiri. Siapkan waktu dan juga kemauan untuk bisa meujudkan taman  vertikal sendiri. Baik sistem hidroponik atau bukan dalam membuat taman vertikal garden kita bisa melakukan beragam kreasi. Kreasi yang kita lakukan tersebut akan menentukan dan menambah kecantikan juga keasrian rumah. Berikut ini ide-ide yang bisa kita terapkan untuk membuat taman vertikal garden.

Untuk pengairan bisa secara disiram manual atau menggunakan tehnik sistem irigas dengan cara membuat jarak pipa pengairan 3 meter dan waktu penyiraman bisa dengan durasi 3 sampai5 kali sehari dengan lama penyiraman selama 2 menit.

Ide membuat taman vertikal bisa kita lihat berikut ini

vertikal garden1

Taman vertikal ini dibuat dengan menggunakan pipa pvc yang berwarna warni sebagai tempat dudukan pot tanaman. Tanaman yang ditanam adalah tanaman sayuran. Cara penempatan pipa dibuat saling berkaitan ke atas dan ditempatkan dinding menggunakan klem. Taman vertikal unik ini terdapat di salah satu pemukiman di Malaka Malaysia.

Advertisement

vertikal garden2Idenya adalah sama membuat taman vertikal garden hanya bahan yang digunakan adalah bambu yang diberi lubang untuk menempatkan pot tanaman. Tanaman yang ditanam adalah jenis sayuran. Warna antara hijau tanaman dan warna bambu tampak asri sehingga menambah kecantikan taman vertikal ini. Penempatan bambu diletakkan pada rak besi secara besusun ke atas. Sederhana tapi taman vertikal ini tampak cantik.

vertikal garden3Untuk membuat taman vertikal unik ini butuh keahlian khusus terutama membentuk pipa pipa yang saling terkait satu dengan lainya. Instalasi yang digunakan memang harus benar-benar presisi sehingga taman vertikal ini bisa berdiri sempurna. Teknik penanaman taman vertikal ini memakai sistem hidroponik dan tanaman yang digunakan adalah tanaman sayur.

vertikal garden4Salah satu ide membuat taman vertikal adalah dengan merangkai beberapa pipa pvc seperti tampak pada gambar di atas. Pemilihan warna dan desain rangkain yang unik menyerupai susunan usus manusia ini ditopang olah rak besi yang direkatkan didinding. Sistem penanamannya bisa menggunakan sistem hidroponik dan tanaman yang digunakan adalah tanaman sayuran hidroponik.

vertikal garden5Menaman hidroponik sebagai taman vertikal merupakan pilihan yang tepat bagi pemilik lahan terbatas. Salah satunya adalah pada gambar di atas. Selain bentuknya yang sederhana tetapi mampu menghasilkan tampilan yang cukup menarik. Pemilihan background yang memakai susunan bambu dan pemilihan tanaman menambah cantiknya taman vertikal ini.

vertikal garden6Susunan taman vertikal yang meggunakan pipa pvc ini terlihat unik. Dengan memanfaatkan sampungan sambungan pipa yang disusun menghadap ke atas. Desainnya tampak seperti pohon yang menjulang ke atas. Ditunjang oleh background dinding yang bermotif bata putih manjadikan taman vertikal garden tampak asri.

vertikal garden7 vertikal garden8 vertikal garden9Pipa pipa yang disusun secara simetris ini mampu meghasilkan tampilan taman vertikal yang cantik. Kita bisa menanam sayuran di sini dan meletakkannya di dinding rumah. Ada banyak ide untuk membuat taman vertikal yag cantik. Asalkan ada kemauan pasti kita bisa membuat taman vertikal sendiri di rumah. Mulailah dengan desain sederhana terlebih dahulu dan setelah mahir bisa mengembangkan desain taman vertikal yang lebih indah di rumah.

One thought on “8 Ide Membuat Taman Vertikal Garden Yang Cantik

  1. Pingback: Sistem Hidroponik Terbaik Yang Unik dan Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *